Monday, November 10, 2014

Go Green? Let's Do It!!

       Matahari mulai memperlihatkan sinarnya, pagi pun akan datang. Aku segera beranjak dari tempat tidurku untuk mengambil wudhu untuk melaksanakan sholat subuh. Air yg begitu jernih mengalir di keran kamar mandiku, ternyata keran sudah menyala sejak semalam. Pantas saja pompa air rumahku bekerja sepanjang hari. Langsung saja aku mengambil air wudhu dan menutup keran. Aku berpikiran bahwa sudah berapa banyak air yg habis percuma sejak semalam, seharusnya kita melakukan penghematan air bersih. Budayakan pengehamatan air dalam kehidupan kita.


      Pagi pun datang dan aku pergi untuk mencari sarapan diluar rumahku. Saat hendak keluar dari rumah aku melihat lampu ruang tamu dan lampu taman ku masih menyala. Sontak langsung saja aku matikan, apa gunanya menyalakan lampu pada pagi hari. Mulai lah kegiatan ku mencari sarapan di sekitar perumahan ku. Oh iya, aku baru ingat ini hari minggu dan semua toko tutup. Aku pun bergegas pulang dengan perut yg kelaparan. Tapi ada hal unik yg aku lihat di sepanjang jalan. Setiap rumah belum mematikan lampunya dan lampu jalan menyala. Aku tahu ini hari minggu dan orang malas bangun pada pagi hari tapi seharunya mereka mengetahui bahwa kita harus menghemat listrik kita. Jikat kita mengehemat listrik maka pembangkit listrik akan semakin efisien dan akan mengurangin pembuangan gas ke udara. Hemat lah listrik demi lingkungan kita.



      Tiba saatnya pembersihan rumahku, keluarga ku melakukan kegiatan rutin yaitu pembersihan rumah tiap minggu. Aku baru sadar bahwa dirumah ku pun masih ada beberapa sampah yg tergeletak tidak pada tempatnya. Kadang aku pun suka tak sadar bahwa akulah pelaku yg membuang sampah tersebut. Aku pun diomeli orang tua ku dan mereka bilang bahwa jangan lah perilaku tersebut menjadi kebiasaan karena akan berdampak sangat negatif terhadapn lingkungan sekitar. Aku pun sadar dan langsung bergegas membersihkan sampah yg ada


No comments:

Post a Comment