Saturday, December 31, 2016

Effects of Violent Video/Computer Games

TITLE              : Effects of Violent Video/Computer Games
JOURNAL       : Global Journal of HUMAN-SOCIAL SCIENCE: C Sociology & Culture
PAGES             : 33 - 45
YEAR               : 2016
WRITES          : Khandaker Ashikur Rahman
REVIEWER    : Ahmad Reftadhiya


Latar Belakang

Jurnal ini membahas tentang dampak bermain video game kekerasan. Penulis dari jurnal ini menggunakan data primer dan sekunder dan tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk mengetahui efek positif dan negatif dari bermain video game kekerasan. Video game kekerasan sangat popular dikalangan anak-anak, dan remaja. Topik yang membahas apakah video game kekerasan dapat membuat tingkah laku anak-anak yang memainkannya menjadi buruk sangat sering diangkat menjadi sebuah forum tersendiri, banyak debat yang berlangsung dalam pembahasannya. Namun, para ahli psikologi meyakini bahwa selain efek negatif, ada juga ditemukannya efek positif dari bermain video game kekerasan.

Metodologi Penulisan
Penulis jurnal mengemukakan, dari hasil penelitian (data primer) yang telah dilakukan, kira-kira 40% dari pemain game kekerasan adalah perempuan dan sisanya adalah laki-laki. Game yang mempunyai konten kekerasan biasanya adalah game bergenre tembak-tembakan, strategi dan yang menyangkut kehidupan sehari-hari. Dan penulis jurnal pun mengumpulkan data sekunder dari beberapa sumber seperti internet dan kuesioner yang sudah pernah dilakukan sebelumnya oleh pihak luar.

Hasil Pembahasan
Data-data yang telah dikumpulkan menunjukkan bahwa game kekerasa dapat memberi dampak positif berupa informasi-informasi yang diberikan di dalam game tersebut. Sebagai contoh game seperti Calls of Duty, Wings over Israel, Lock On, Delta Force, Crisi, Far Cry adalah beberapa game kekerasan yang memberikan informasi kepada pemain apa saja yang terjadi ketika perang sedang berlangsung, berikut dengan sejarah perang yang sudah pernah terjadi. Red Dead Redemption juga merupakan game kekerasan yang memberikan informasi terkait kehidupan warga era modern. Assasin Creed adalah game kekerasan yang bertema sejarah negara Itali. Bagi para pemain yang tidak suka membaca buku, mereka mendapatkan banyak informasi dari game-game tersebut. Tetapi ada pula efek negatif dari game kekerasan, seperti pada umumnya pelajar mengalami penurusan tingkat akademik di sekolah mereka masing-masing dikarenakan terlalu sering menghabiskan waktu untuk bermain game. Dari beberapa penelitian juga diketahi bahwa game kekerasan dapat menyebabkan pemain menjadi mempunyai sifat agresif dan kasar, mengikuti gaya karakter atau kehidupan di dalam game yang dimainkannya. Namun beberapa ahli masih meragukan efek-efek tersebut. Sampai pada akhirnya, hasil analisis ini masih ditemukan banyak debat dari berbagai pihak, tetapi sangat jelas bahwa game kekerasan mempunyai masing-masing efek positif dan negatif.

Kelebihan Jurnal
Jurnal ini sudah sangat bagus menurut saya pribadi, karena masalah yang diangkat cukup jelas sehingga pengumpulan data yang dilakukan pun sudah difokuskan untuk memecahkan masalah tersebut. Tahap pengumpulan argumen dan tahap analisis pun diberitahu dengan jelas dan disertai sumber yang lengkap.

Kelemahan Jurnal
Walaupun tujuan jurnal ini hanya untuk mengetahui sisi positif dan negatif dari bermain game kekerasan, alangkah baiknya penulis juga menuliskan bagaimana cara untuk menghindari efek negatif tersebut. Mungkin jurnal akan semakin bermanfaat untuk pembaca jika disertai informasi seperti itu.


Source : https://globaljournals.org/GJHSS_Volume16/6-Effects-of-Violent-Video.pdf

No comments:

Post a Comment