Tuesday, October 25, 2016

OPINI TENTANG PERKEMBANGAN TEKNIK INDUSTRI DI INDONESIA

Perkembangan Teknik Industri di Indonesia tergolong penting dikarenakan banyaknya pabrik-pabrik yang membutuhkan keahlian yang berkaitan dengan Teknik Industri seperti manajemen, jaminan mutu, pengukuran waktu kerja dan waktu produksi, ergonomi, dan masih banyak lagi. Sekitar tahun 1950-an pabrik-pabrik yang digerakan oleh para praktikan lulusan Teknik Mesin meyakini bahwa diperlukan teknik pengelolaan pabrik hingga mereka berniat untuk mengadakan pelatihan khusus untuk keahlian pengelolaan mesin. Awalnya di setiap universitas hanya menggolongkan Teknik Industri sebagai salah satu pilihan jalur yang ada pada Teknik Mesin hingga akhirnya pada tahun 1970-an banyak universitas yang mengangkat dan membuat Teknik Industri sebagai jurusan yang berdiri sendiri.
Menurut saya sendiri perkembangan Teknik Industri di Indonesia direspon dengan cukup baik dari berbagai pihak, seperti dengan terbentuknya dua organisasi yang memayungi dunia Teknik Industri di Indonesia yaitu Badan Kerjasama Pendidikan Tinggi Teknik Industri Indonesia (BKSTI) dan Ikatan Sarjana Teknik dan Manajemen Industri (ISTMI). Dan salah satu yang membuat saya senang dengan perkembangan Teknik Industri di Indonesia yaitu terbentuknya jurusan atau lembaga yang mendetail atau menjurus ke salah satu aspek yang dituju seperti IPB dan Universitas Padjajaran yang membuat Teknik Industri Pertanian (Agro Teknik) yang khusus menjurus pada bidang pertanian.
Tetapi yang menjadi titik fokus saya disini adalah rasa kecewa saya terhadap ketidak-konsistenan IPB akan prinsip yang mereka dirikan. Mereka seakan keluar dari jalur mereka dan membuat beberapa jurusan yang berada diluar konsep “Agro Teknik” seperti jurusan manajemen. Sehingga mereka tidak bisa maksimal untuk menjalankan bidang utama yang mereka anut dan akhirnya mereka sendiri pun jatuh di bidang yang menjadi fondasi utama mereka.

Saya berharap lembaga dan universitas yang ada di Indonesia mendirikan sistem, organisasi atau jurusan yang mendetail dan menjurus ke salah satu bidang yang dituju, itu akan memudahkan mereka untuk menentukan tujuan dan fokus mereka kedepannya. Dari banyaknya sumber daya alam dan potensi aspek yang bisa diangkat di Indonesia, seharusnya banyak terbentuk jurusan Teknik Industri yang dikhususkan ke aspek yang dituju, mungkin seperti Teknik Industri Peternakan, Teknik Industri Batik dan lain lainnya. Mungkin awalnya akan terkesan meragukan dan aneh tapi kedepannya tujuan mereka akan sangat jelas dan akan membuka banyak peluang untuk memajukan aspek tersebut khususnya di Indonesia.

No comments:

Post a Comment